sbrsf3oh7mny1sTxm1k6ETdVC9RuzvnEtNBMaGI7

Berburu Takjil Bongko Kopyor, Jajanan Khas Ramadan di Gresik

Assalamu'alaikum..

Halo Sobat Finmik!


Akhirnya, bisa juga ngeblog lagi setelah serangkaian kegiatan padat di sekolah.

Hmmm..sekarang sudah hari ke-19 Ramadan ya. Gimana nih puasanya? Masih full atau sudah ada yang bolong? Finmik sudah ada bolongnya nih kemarin..hehehe.

Oiya, sekarang lagi viral-viralnya tuh di media sosial tentang takjil war. Hah? Apaan tuh? Iya, jadi seperti arti kata yang sebenarnya 'perang berburu takjil'. Kalau kamu ngikuti beritanya pasti tau deh rame dan serunya. Yang penting tetep kedepankan toleransi ya Sob ya.

Kalau di tempat kalian gimana? Kejadian juga nggak kayak gitu?

Di tempat Finmik aman-aman aja nih. Bahkan menurut Finmik cenderung lebih sepi daripada tahun-tahun sebelumnya. Atau mungkin malah sekarang lebih banyak yang dagang ya daripada yang beli.


Di Gresik sini, ragam takjilnya menurut Finmik sih tetep ya kayak kemarin-kemarin. Jenis takjil yang berjajar di sepanjang jalan dimenangkan oleh jajanan khas ramadan, seperti kolak pisang ubi, macam-macam es, aneka kue basah, gorengan, dan tentunya kurma yang harus selalu ada di rumah. Kalau makanan berat mah jangan tanya, dari makanan tradisional sampai kekinian ada, tinggal pilih. 

Eits, tapi jangan berlebihan ya! No lapar-lapar mata, secukupnya perut saja. Tapi memang sih bawaannya ingin makan semua gitu ya, kayak yang bisa habisin sepiring-piringnya. Padahal seringkali perut sudah terasa penuh hanya dengan segelas air putih dan 3 biji kurma. Yassalam..

Sobat Finmik, menu jajanan khas ramadan di Gresik yang tidak ditemui di daerah lain salah satunya adalah bongko kopyor. Makanan apa nih? 

Pernah dengar makanan bernama bongko? Yup, biasanya bongko berupa kue kukus dari tepung beras yang dibungkus daun pisang. Pembeli tinggal pilih bongko dengan isian favorit mereka, ada bongko sagu mutiara, bongko pisang, bongko kacang hijau, dan bongko nangka. Nah, berbeda dengan bongko kopyor. Makanan khas daerah Mengare Gresik ini dilengkapi dengan kuah santan (kelapa kopyor) sehingga makanan ini jadi lebih terasa segar. apalagi disajikan dingin, cocok banget dinikmati saat berbuka puasa. Manisnya dapat, segarnya dapat. Dalam sebungkus bongko kopyor ini isiannya hanya ada satu varian, yang terdiri dari sagu mutiara, pisang, kelapa muda, nangka, dan roti tawar. Terakhir, ditambah dengan siraman kuah santan berhias irisan daun pandan dalam porsi nyemeknya, wuih sedap betul ooiiy. Bahkan kini ada inovasi isian baru dengan nata de coco. Kebayang kan legit dan segarnya jajanan lembut ini. Aduh Finmik ngetik dekat adzan dhuhur ini, semoga tidak tergoda. Hehehe.


Di sini harga bongko kopyor per bungkusnya dibandrol cuma RP 10.000,00 saja. Terjangkau banget kan? Silakan kalau lagi mampir ke Gresik di bulan Ramadan, bisa nyicipin bongko kopyor ini ya. Di luar Ramadan bongko kopyor jarang ditemukan, untuk itu kalian bisa pesan dulu pada penjualnya. Biasanya orang-orang pesan dalam jumlah besar untuk hidangan acara atau sebagai bingkisan yang dibawa pulang.

Nah, gimana nih Sobat Finmik, di tempat kalian apa sih jajanan khas Ramadan yang paling diburu? Kasih tau di kolom komentar ya!


@bloggerperempuan

@theraskinkosmetika

#BPNRamadan2024


Posting Komentar

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified
Russian Portuguese English French
German Spain Italian Dutch
Komunitas