sbrsf3oh7mny1sTxm1k6ETdVC9RuzvnEtNBMaGI7

Digitalisasi BRI, Melayani dengan Setulus Hati

BRI dan Layanannya

    Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkemuka di Indonesia. Bank yang berdiri sejak tahun 1895 ini, terus aktif berbenah diri untuk memberikan pelayanan yang terbaik, prima, dan optimal sejalan dengan visi-misinya. Hingga saat ini, bank yang memiliki visi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion ini, menawarkan berbagai layanan yang dapat dijangkau oleh semua kalangan. Beberapa di antaranya yaitu tabungan, deposito, kredit, investasi, layanan perbankan digital, layanan kartu, layanan internasional, asuransi, safe deposit box, dan layanan pengiriman uang. Berbagai inovasi telah dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan yang prima dan optimal. Misalnya seperti Teras BRI Kapal untuk akses Masyarakat pesisir kepulauan, BRI Corporate University sebagai lembaga pendidikan untuk mengoptimalkan keterampilan para pekerjanya.

    Dalam memaksimalkan pelayanan di era digital ini, BRI meluncurkan kecerdasan buatan ‘SABRINA’ (Smart BRI New Assistant) pada tahun 2018. Teknologi AI ini merupakan robot customer service dalam bentuk chat dari Facebook Messenger dan Whatsapp. Dengan demikian, nasabah bisa mendapatkan layanan perbankan dengan mudah, cepat, akurat, aman, dan nyaman. Selain itu di tahun 2019 ada pula aplikasi PINANG (Pinjam Tenang) untuk mempermudah nasabahnya dalam mengajukan pinjaman dengan bunga 1,24% per bulan. Pencairannya bisa langsung masuk ke rekening bank BRI atau RAYA tanpa harus datang ke bank. Aplikasi lain yang diluncurkan pada tahun yang sama yaitu BRImo (BRI mobile) dan CERIA (CEpat RIngan Aman) untuk pengajuan pinjaman, BRISPOT (percepatan proses kredit) berbagai layanan perbankan melalui BRIAPI.



Strategi Transformasi Bisnis BRI

   Sebagai perusahaan konsultan yang mendukung transformasi pribadi dan organisasi melalui solusi berbasis pendekatan manusia yang didukung dengan teknologi, Daya Qarsa merekomendasikan strategi peningkatan digitalisasi perbankan melalui pendekatan segmentasi target audiens dan product-market fit. Perbankan dapat mengidentifikasi target yang tepat dan menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan perilaku masyarakat atau segmennya. Tujuannya agar perbankan dapat terus menawarkan kemudahan dan cara kerja yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat modern saat ini dan tumbuh secara berkelanjutan. Daya Qarsa telah menemukan empat segmen nasabah melalui FGD (Focus Group Discussion) dan survei daring lebih dari seribu orang yang dikategorikan berdasarkan tingkat digitalisasi dan kompleksitas kebutuhan perbankan. Empat segmen tersebut adalah Segmen Casual, Segmen Savvy, Segmen Modest, dan Segmen Enterprising.

    Berdasarkan hasil wawancaranya, terdapat beberapa 5 (lima) langkah strategi yang dilakukan oleh Dr. Ir. Indra Utoyo, ex Digital Banking Director BRI, saat ini menjabat sebagai Subject Matter Expert Daya Qarsa untuk mentransformasi bisnis BRI. Fokusnya adalah transformasi dan modernisasi Application Programming Interface (API), yaitu: Customer Centric Mindset, Scalable and Granular Infrastructure, Data Driven Culture, Open Innovation Platform, Adaptive and Governance.

BRImo Superapps Andalan

    Transformasi digital yang dilakukan oleh BRI menurut Arga M. Nugraha (Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI) dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Dalam hal ini, gelombang pandemi tak justru membuatnya terpuruk. BRImo menjadi produk andalan BRI untuk melayani nasabah. Pertumbuhan volume transaksinya sampai dengan Oktober 2022 mencapai Rp2.084 triliun, atau tumbuh lebih dari dua kali lipat pada periode yang sama di tahun 2021. Jumlah user BRImo telah tumbuh 73,55% year on year menjadi 22,37 juta users. Selain itu, jumlah transaksi pada periode yang sama melesat 118,10%. Jumlah transaksi BRImo juga meningkat dari 649 juta transaksi pada Oktober 2021, menjadi 1.417 juta transaksi pada Oktober 2022.


    Saya sendiri juga merupakan pengguna BRImo. Aplikasi yang saya unduh dari Google play store ini sangat membantu saya untuk melakukan transaksi baik antar bank maupun beda bank. Cara daftar BRImo serta aktivasi aplikasi BRImo Mobile Banking BRI juga sangat mudah, bisa dilakukan langsung melalui aplikasi BRImo tanpa harus ke bank. Pernah suatu kali saya gagal login karena salah password hingga 3 kali, namun ternyata bisa diatasi dengan mudah melalui email tanpa harus antri ke customer servis BRI. Pengalaman saya saat kuliah kemarin juga tidak terlepas dari digitalisasi layanan BRI, yang mana pembayaran SPP tiap semester dilakukan melalui Virtual Account BRI. Mudah, cepat, dan praktis sesuai dengan kebutuhan konsumen di jaman serba sibuk ini.


    Selain untuk nasabah pekerja, layanan BRImo juga difokuskan untuk mendukung kemajuan UMKM. Dalam hal ini, BRI memberikan edukasi digitalisasi finansial melalui penggunaan QRIS dalam bertransaksi. Kegiatan ini dilakukan pada gelaran Pesta Rakyat Simpedes (PRS) kepada nasabah Tabungan BRI Simpedes di seluruh Indonesia. Layanan tersebut berupa pembukaan Tabungan BRI Simpedes secara digital dan transaksi menggunakan QRIS BRI melalui BRImo. Dengan demikian UMKM akan lebih percaya diri untuk mengembangkan usahanya melalui digitalisasi sebagai adaptasi perubahan habit konsumen di zaman kiwari. Yuk, kunjungi websitenya https://bri.co.id untuk melihat apa saja yang ingin kamu ketahui tentang BRI.

Selamat Ulang Tahun ke-128 BRI, semoga semakin memberi makna bagi Indonesia!

aamiin...



Artikel ini diikutsertakan pada BRI Write Fest 2023

Posting Komentar

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified
Russian Portuguese English French
German Spain Italian Dutch
Komunitas